Lakshmi Mittal, untuk Sukses Dedikasikan Diri pada Tujuan

Photo: Bloomberg

Sebuah dedikasi, menjadi kunci bagi kesuksesan seorang pengusaha baja Lakshmi Mittal. Dedikasi adalah sebuah pengorbanan tenaga, pikiran dan waktu demi keberhasilan suatu usaha yang mempunya tujuan mulia. Dedikasi bisa juga berarti pengabdian untuk melaksanakan cita-cita yang memerlukan sebuah keyakinan.

Untuk menjadi produktif hingga akhirnya bisa mencapai kesuksesan, mutlak diperlukan dedikasi. Dedikasi itu ditunjukkan dengan nyata oleh Lakshmi Mittal, pria asal india yang bermukim di London dan menjadi orang terkaya di daratan Inggris.

Setelah menyelesaikan pendidikan Bachelor of Commerce degree di St. Xavier’s College Calcutta, Lakshmi Mittal bertekad mengembangkan usaha keluarganya di bidang kerja, tidak terbatas di indonesia saja tetapi hingga ke luar india.

Pada tahun 1976, Lakshmi membeli sebuah perusahaan yang nyaris bangkrut di Indonesia dan mampu membuat usahanya ini terus berkembang. Setelah sempat mengalami perpecahan, Lakshmi Mittal kemudian mengembangkan Mittal Steal tanpa melibatkan keluarganya hingga merambah belasan negara dan empat benua. Ia mendedikasikan hidupnya pada perusahaan baja miliknya. Ia melakukan sejumlah inovasi pengembangan usaha baja. Pabriknya kemudian menjelma menjadi pabrik baja terbesar di dunia dengan jutaan ton produksi.

Prestasinya ini membuat Lakshmi Mittal kemudian dianugerahi predikat Europan Businessman of the Year 2004 dari majalah Fortune Eropa. Dedikasinya dalam bidang baja membuatnya digelari PaineWeber’s World Steel Dynamics dan the Willy Korf Steel Vision Award pada 1998 oleh American Metal Market.

Cara Lakshmi Mittal ini perlu kita tiru, bukan dengan mendirikan pabrik baja tetapi meniru dedikasinya dalam mewujudkan apa yang ia cita-citakan. Salah satunya dengan melengkapi peralatan kerja kita.

Seorang editor contohnya, tentu perlu memiliki kamus dan tesaurus agar dapat bekerja dengan baik. Intinya,  untuk bisa produktif bekerja, kita perlu perlengkapan kerja yang memadai. Membeli perlengkapan kerja bukanlah pemborosan, tetapi usaha nyata agar kita dapat bekerja lebih baik dan menjadi produktif.

sumber: Buku 77 Mantra Meningkatkan Produktivitas Diri ala Miliarder

 

 

Leave a Comment