Street Fotografi: Sepakbola Melayang di Pantai Senggigi

Fotografer

Sebastian Kisworo.  Berasal dari Indonesia, lahir di Pekanbaru tahun 1971, dan tinggal di Jakarta. Mulai berkecimpung di dunia fotografi sejak 2010, dan fotografi menjadi bagian penting dalam hidupnya sejak itu.

Cerita dalam Foto

Foto ini diambil di pantai senggigi, Lombok, Indonesia, sebuah pulau di dekat Bali. Aku melihat beberapa anak desa bermain sepakbola di pantai. Mereka tinggal di sekitar pantai, bermain dan berenang di sana setiap hari. Sungguh kehidupan yang menakjubkan!

Pengambilan Foto

Lensa telefoto dengan aperture besar menjadi pilihan terbaik untuk mengambil foto seperti ini. Sebenarnya kamera cepat seperti Canon 7D dengan delapan frame per detik akan menghasilkan foto yang lebih bagus, tapi aku hanya memiliki 5D dengan empat frame per detik. Aku menyadari bahwa aku bisa saja kehilangan momen penting. Mode manual dengan aperture f2.8, ISO 100, dan shutter speed 1/250 cukup berisiko untuk memotret objek bergerak, tapi itu berhasil. Aku yakin bahwa anak-anak itu tidak akan bergerak terlalu cepat di atas pasir. Pengaturan lain yang mungkin akan berhasil adalah 1/500 detik dengan ISO 200 atau lebih tinggi.

AKu tidak menggunakan tripod, hanya duduk diam di pasir dengan menyangga siku di lutut, memosisikan diri serendah yang kubisa. Pertama, aku mengatur fokus pada anak yang membawa bola, mengikuti pergerakan mereka dengan tombol shutter setengah ditekan lalu menekannya penuh ketika anak itu memandang ke arah gawang.

Komunikasi penting bagi kita untuk mengambil momen yang bagus itu. Aku mengingat pemain-pemain utama dari kedua tim dan mengharapkan ada serangan lebih pada tim yang lemah, jadi di situlah aku menempatkan diri. Background juga penting. Cobalah untuk membuatnya sesederhana dan sebersih mungkin. Aku memilih background gelap karena subjek fotonya akan terlihat lebih jelas. Untuk mendapatkan kesan yang lebih baik dari pedesaannya, aku meminta satu tim untuk membuka kaus mereka.

Aku sangat senang fotonya bisa kudapat dengan hasil seperti ini, dan ini adalah permainan sepakbola hingga aku tidak harus menjelaskan apa yang sedang mereka mainkan. Meskipun begitu, aku yakin kalau orang bisa melihat perbedaan tentang bagaimana sepakbola dimainkan oleh anak-anak di Indonesia.

Pengeditan Foto

Aku memulai dengan Camera RAW untuk mengatur contrast, brightness, shadows, dan highlights, untuk memaksimalkan dynamic range pada foto. Lalu aku berpindah ke Photoshop dan mengubah foto menjadi hitam putih dan menggunakan high pass filter dengan radius 4 piksel juga mengubah blend mode menjadi soft light untuk menambah ketajaman. Sebelum aku membuat efek bergerak, aku memisahkan bagian anak-anak dan background-nya dengan quick selection dan manual selection.

Efek bergerak yang sebenarnya dibuat dengan Motion blur, dengan angle 0 dan distance 150. Layer bagian anak-anak dipindahkan ke kanan untuk menjadi arah mereka berlari. Lalu aku memasang dua layer tanpa efek bergerak di bagian atas, membuat layer mask di setiap layer itu dan menutupinya dengan berbagai tingkatan warna gelap di tempat aku menginginkan bottom layer-nya agar terlihat. Terakhir, aku mengatur level dan cuerve-nya.

sumber: Buku foto terbaik dari Fotografer 1x.com

Leave a Comment